Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Risiko dan Bahaya Menggunakan WhatsApp Mod

Daftar Isi

4 Risiko dan Bahaya Menggunakan WhatsApp Modifikasi (WA MOD) Yang Sering Disepelekan Banyak Orang - Perkembangan WhatsApp Modifikasi atau kerap disebut dengan WA MOD kini semakin populer dan banyak diminati banyak orang. Hal ini disebabkan karena banyaknya fitur-fitur unik yang tertanam di WhatsApp Mod dan tidak dimiliki WhatsApp resmi.

Beberapa fitur yang paling dicari adalah seperti fitur status anti hapuspesan anti hapusunduh foto dan video sekali lihat atau dalam status, balas chat otomatis hingga bisa merubah penampilan pada antarmuka WhatsApp itu sendiri dengan menggunakan tema-tema yang sudah disediakan oleh developer WhatsApp Mod masing-masing.

Walau begitu, sebaiknya kamu jangan terburu-buru mengambil keputusan untuk beralih menggunakan WhatsApp Mod tersebut karena ada beberapa fakta negatif dan risiko berbahaya pada seluruh versi WhatsApp Mod yang beredar di internet.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu baca dan simak terlebih dahulu beberapa informasi terkait sisi negatif dan risiko dan bahaya menggunakan WhatsApp Mod yang akan saya bahas di artikel ini.

Semua informasi ini diambil dari sumber terpercaya dan sebagian dari pengalaman pribadi. Berikut 4 risiko berbahaya menggunakan SEMUA VERSI WhatsApp Mod (WA MOD) yang harus kamu ketahui.

4 Risiko Berbahaya Menggunakan WhatsApp MOD


Akun Bisa Diblokir Pihak WhatsApp Resmi

Risiko pertama yang kerap terjadi di kalangan pengguna WhatsApp Mod adalah akun WhatsApp mereka diblokir sementara atau bahkan secara permanen oleh pihak WhatsApp resmi. Hal ini pernah dinyatakan langsung oleh pihak WhatsApp resmi melalui halaman web resminya.

WhatsApp Plus bukan versi resmi, dan itu dapat mencegah Anda menggunakan layanan.

Pada quote di atas sudah jelas bahwa setiap pengguna WhatsApp Plus, GB WhatsApp, WhatsApp Aero dan WhatsApp Mod lainnya dapat menyebabkan akun WhatsApp kamu diblokir sementara atau bahkan diblokir permanen kapan saja oleh pihak WhatsApp resminya.

Keamanan Data dan Privasi Rentan Dicuri

Ancaman dan risiko berbahaya berikutnya jika kamu menggunakan WhatsApp Mod adalah masalah keamanan data dan privasi pengguna yang sangat rentan dicuri.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, WhatsApp Mod bukanlah versi dari WhatsApp resmi. Yang berarti seluruh WhatsApp Mod yang beredar di internet dikembangkan oleh pihak ketiga.

Dan keamanan data serta privasi pengguna WhatsApp Mod sangat rentan dicuri oleh pihak ketiga (selain kamu dan teman chat kamu). Jadi setiap pesan yang kamu kirim dan kamu terima tentu dapat dilihat oleh pihak ketiga tanpa kamu ketahui.

Berbeda dengan keamanan data dan privasi pengguna yang ada di WhatsApp resmi, seluruh aktifitas yang dilakukan di WhatsApp resmi seperti chattingan, semuanya dilindungi oleh sistem dan terenkripsi secara end-to-end.

Apa itu enkripsi end-to-end?
  • Rentan Disusupi Oleh Malware, Spyware dan Virus

    Menurut pakar keamanan cyber, data dari pengguna WhatsApp Mod sangat rentan dicuri dan bahkan bisa disusupi oleh Malware, Spyware dan virus tanpa diketahui. Tentu saja ini merupakan sisi negatif dan risiko yang bisa membahayakan perangkat yang digunakan dan berpotensi terjadinya peretasan.

    Hal ini disebabkan karena seluruh versi WhatsApp Mod tidak tersedia serta tidak terverifikasi oleh Google Play Project dan hanya bisa diunduh melalui situs web di internet yang keamanannya sangat-sangat diragukan.

    Bisa jadi halaman web yang kamu akses atau bahkan aplikasi WhatsApp Mod tersebut mengandung Malware, Spyware atau virus di dalamnya tanpa kamu ketahui.

    Banyak BUG

    Memang dalam WhatsApp Mod yang beredar di internet memiliki banyak fitur unik yang tidak dimiliki oleh WhatsApp resmi. Namun tidak semua fitur pada WhatsApp Mod bisa gunakan dengan lancar.

    Terkadang ada beberapa fitur yang tidak kompatibel di perangkat tertentu dan bahkan ada juga beberapa fitur yang sama sekali tidak berfungsi atau tidak bisa digunakan.

    Salah satu bug yang ada di semua versi WhatsApp Mod adalah bug pada notifikasi saat ada pesan baru atau telepon yang masuk. Setiap kali ada pesan atau telepon masuk, tidak ada notifikasi yang muncul sama sekali.

    Selama saya menggunakan WhatsApp Mod (hampir semua WA MOD), bug inilah yang selalu ada. Walaupun WhatsApp Mod sudah diperbaharui ke versi terbaru, tetap saja bug pada notifikasi ini selalu ada.

    Padahal notifikasi merupakan hal terpenting terlebih lagi jika kita menggunakan WhatsApp untuk keperluan bisnis. Selain bug pada notifikasi, masih ada bug lainnya yang ada di WhatsApp Mod.

    Kesimpulan

    Itu dia beberapa risiko dan bahayanya menggunakan WhatsApp Mod yang bisa saya bagikan di artikel kali ini. Jadi gimana menurut kamu?. Tetep mau pakai WhatsApp Mod karena fitur-fiturnya, atau lebih mengutamakan keamanan data dan privasi dengan beralih menggunakan WhatsApp yang resmi?.

    Kalau saya pribadi lebih memilih menggunakan WhatsApp resmi dibandingkan dengan WhatsApp Mod mana pun. Karena bagaimanapun, keamanan akun, data dan privasi adalah hal terpenting. Jangan sampai data-data pribadi yang pernah diobrolkan melalui chat tersebar.