Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyimpan Foto dan Video Sekali Lihat di WhatsApp


Daftar Isi

Cara Menyimpan / Melihat Kembali Foto dan Video Sekali Lihat di WhatsApp - Seperti yang kita tahu, kini di WhatsApp versi terbarunya mereka merilis fitur baru yang sangat unik. Yaitu fitur SEKALI LIHAT atau VIEW ONCE pada foto dan video yang dikirim melalui chat WhatsApp.

Setiap foto dan video yang dikirim dengan mengaktifkan fitur sekali lihat, foto dan video tersebut secara otomatis akan hilang dari WhatsApp setelah dibuka oleh penerima dan foto atau video tersebut tidak akan disimpan ke dalam ponsel si penerima.

Tentunya fitur ini berguna untuk meningkatkan privasi antar pengguna WhatsApp itu sendiri. Dengan mengaktifkan fitur sekali lihat pada foto dan video yang kita kirim, foto dan video tersebut akan hilang dan tidak akan disimpan ke galeri atau penyimpanan si penerima setelah foto atau video tersebut dibuka.

Fitur view once pada foto dan video WhatsApp juga tidak bisa diteruskan oleh penerima ke orang lain. Jadi betul-betul privasi banget.

Walaupun fitur ini sangat bagus untuk privasi pengguna, namun terkadang kita juga ingin melihat kembali foto atau video yang telah dikirim.

Untuk bisa menyimpan dan melihat kembali seluruh foto dan video yang dikirim sekali lihat, ada beberapa cara yang bisa kamu coba.

Cara Menyimpan dan Melihat Kembali Foto dan Video WhatsApp Sekali Lihat

cara menyimpan foto dan video sekali lihat di WhatsApp tanpa aplikasi
Fitur View Once (Sekali Lihat) Pada Foto dan Video di WhatsApp

Screenshot Foto

Cara pertama yang bisa kamu lakukan supaya bisa melihat foto dan video yang dikirim untuk sekali lihat adalah dengan cara screenshot atau tangkapan layar pada saat kamu membuka foto tersebut.

Ini adalah cara yang paling mudah dan simpel karena tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan. Setelah foto sekali lihat di screenshot, kamu bisa melihat kembali foto tersebut di galeri ponsel kamu.

Rekam Layar

Jika media yang ingin dilihat berupa video yang tidak memungkinkan untuk di screenshot, kamu bisa coba dengan cara merekam layar (screen recorder) untuk menyimpan video tersebut ke dalam galeri ponsel kamu.

Screen recorder atau perekam layar juga termasuk salah satu fitur bawaan pada smartphone, baik itu Android ataupun iPhone. Tapi jika di ponsel yang kamu gunakan tidak ada perekam layar bawaan, kamu bisa download aplikasi perekam layar di Play Store atau App Store.

Menggunakan WhatsApp MOD

Cara terakhir yang bisa kamu coba adalah dengan mengganti WhatsApp kamu dengan WhatsApp Mod. Dalam aplikasi WhatsApp Mod, ada banyak fitur-fitur tambahan yang tidak ada pada WhatsApp resmi.

Selain bisa mengunduh status orang lain dan status anti hapus, WhatsApp Mod juga memiliki fitur unduh foto dan video yang dikirim untuk sekali lihat.

Jadi kamu bisa bebas mengunduh dan menyimpan semua foto atau video yang dikirim sekali lihat ke dalam galeri ponsel kamu dengan mudah.

Namun cara yang ke tiga ini sangat tidak direkomendasikan walaupun ini adalah satu-satunya cara yang paling mudah untuk menyimpan foto dan video yang dikirim sekali lihat. Hal ini disebabkan karena WhatsApp Mod yang beredar di internet memiliki sisi negatif dari keamanan privasi penggunanya.

Menurut pakar keamanan cyber, data pengguna dari WhatsApp Mod rentan dicuri oleh pihak ke tiga (selain kamu dan teman chat). Dan bahkan bisa disusupi oleh Malware, Spyware dan juga virus kepada setiap pengguna WhatsApp Mod (semua versi WhatsApp Mod) tanpa disadari.

Jika ponsel sudah disusupi oleh Malware dan yang lainnya maka pihak ke tiga memiliki akses penuh terhadap ponsel yang kamu gunakan. Mereka bisa mengontrol dan mengendalikan perangkat kamu. Contohnya seperti mengakses kamera atau mikrofon pada perangkat.

Selain itu, seluruh pesan chat yang dikirim menggunakan aplikasi WhatsApp Mod tidak dilengkapi dengan keamanan privasi end-to-end sehingga developer atau pihak lain dapat melihat seluruh isi percakapan tanpa sepengetahuan kamu.

Dan pihak WhatsApp resmi juga menyatakan akan memblokir pengguna atau akun WhatsApp yang menggunakan WhatsApp Mod tersebut.

Kesimpulan

Nah, itu dia tiga cara yang bisa kamu coba untuk menyimpan dan melihat kembali foto dan video yang dikirim sekali lihat di WhatsApp. Sampai saat ini, belum ada cara lain yang terbukti berhasil untuk menyimpan foto dan video sekali lihat di WhatsApp. Jika kamu menemukan atau ada cara lain selain ke tiga cara di atas, kamu bisa komen di kolom komentar.