Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kiat Cara Nyaman Menjalani Pekerjaan Sampingan

 
pekerjaan Sampingan

Pekerjaan sampingan (side job) menjadi pilihan banyak orang yang ingin mendapat penghasilan tambahan atau sekadar untuk mengisi waktu luang. Namun, jika tidak pandai mengatur waktu, pekerjaan tersebut bisa membuat semuanya berantakan. Supaya hal tersebut tidak terjadi, beberapa tips berikut ini bisa jadi masukan.

Pertama, waktu. Pastikan jam kerja pekerjaan sampingan tidak mengganggu pekerjaan utama. Carilah waktu luang yang dirasakan pas untuk melakoni pekerjaan sampingan. Akan lebih baik jika mempunyai jadwal harian untuk menangani pekerjaan sampingan dan pekerjaan utama serta menjalankannya dengan konsisten.

Kedua, prioritas. Bagaimanapun juga, pekerjaan utama perlu menjadi prioritas. Sebagai gambaran akan waktu dan prioritas, tengok Clara (33). Pekerjaan utamanya adalah sebagai salah satu staf administrasi di perusahaan swasta di Jakarta.

Namun, ia juga mempunyai pekerjaan sampingan sebagai desainer grafis. Agar tidak mengganggu pekerjaan utama, ia memilih mengerjakan pekerjaan sampingan saat akhir pekan atau malam hari usai mengerjakan pekerjaan utama.

Ketiga, fokus. Kemampuan multitasking diperlukan jika ingin mempunyai dua pekerjaan. Namun, di sisi lain, seseorang juga perlu fokus.

Jika tengah menangani pekerjaan utama, fokuskan konsentrasi, tenaga, dan waktu untuk mengerjakan pekerjaan utama. Ketika pekerjaan utama telah selesai, baru Anda bisa menangani pekerjaan sampingan. Hindari mengerjakan dua pekerjaan dalam satu waktu karena ini bisa menyebabkan hasil kinerja tidak maksimal.

Keempat, jaga diri. Mengerjakan lebih dari satu pekerjaan akan menuntut energi yang jauh lebih besar, waktu yang lebih banyak, dan pemikiran yang juga lebih besar. Anda perlu memahami risikonya terlebih dulu sebelum memulai pekerjaan sampingan.

Ada kalanya energi terkuras habis. Jika Anda merasa kelelahan, pusing-pusing, susah berkonsentrasi, dan emosional, bisa jadi ini adalah tanda-tanda kelelahan fisik. Luangkan waktu untuk berlibur atau ambillah cuti. Bebaskan pikiran dan waktu dari pekerjaan-pekerjaan yang ditangani.

Untuk menjaga diri setiap hari, penting untuk memberikan waktu bagi diri sendiri. Konsumsilah makanan yang bergizi, cukupkanlah asupan air putih setiap hari, alokasikan waktu istirahat yang cukup, serta kelolalah stres. Anda perlu fisik dan mental yang kuat untuk menghadapi tantangan ekstra setiap hari.

Baca Juga artikel lainnya di Jemberindo.id